5 Resep Bumbu Ikan Bakar Nilla Yang Harus Kamu Coba



Bumbu kecap atau pecak biasanya selalu digunakan untuk bebagai jenis ikan bakar, salah satunya Nilla. Selain dimasak, ikan Nilla juga enak di olah dengan cara di bakar dengan campuran bumbu rempah pedas sampai gurih khas Padang.

Hal itu di karenakan iklan Nilla memiliki daging yang gurih dengan tekstur lembut membuatnya sangat cocok di olah dengan cara dibakar. 

Tips sukses membuat ikan bakar yang enak adalah dengan buat sayatan di kedua sisi ikan nila yang sudah dibersihkan. Kemudian lumuri daging ikan dengan air jeruk nipis yang sudah dicampur garam sampai merata dan meresap ke dalam ikan dengan cara mendiamkannya selama kurang lebih 5 menit sebelum dibakar.

Nah berikut ini adalah 5 resep bumbu ikan Nilla bakar yang bisa Anda gunakan, untuk mengasilkan cita rasa yang lebih enak.

1. Resep Bumbu Ikan Bakar Nila Pedas Manis


Bumbu halus untuk ikan bakar nila pedas manis bisa kamu coba untuk orang yang tidak terlau suka pedas. 

Bahan - bahan :
  • 3 siung bawang putih, 
  • 2 buah cabe rawit, 
  • 3 buah cabe merah besar, 
  • 1 sendok teh ketumbar, 
  • 5 butir bawang merah, 
  • 4 buah cabe merah keriting, 
  • asam Jawa dan kecap manis secukupnya.
Cara membuat :

Tumbuk Halus dan campur semua bahan di atas. Setelah itu olesi atau campur bersama daging Ikan Nilla. Bakar hingga matang dan sajikan bersama sambal kecap yang terbuat dari kecap, tomat, cabai rawit hijau dan irisan bawang merah. 

2. Resep Bumbu Ikan Bakar Nila Kecap


Selain penyajiannya yang mudah, rasanya juga enak, manis, gurih dan pedas juga sangat cocok untuk untuk ikan bakar Nilla. Anda hanya perlu menyiapkan kecap manis, bawang merah dan putih, merica, garam, hingga jeruk nipis.

3. Resep Bumbu Ikan Bakar Nila Padang


Ini dia salah satu sentuhan lain dari bumbu ikan bakar Nilla. Bumbu Padang ternyata juga bisa Anda aplikasikan untuk olahan ikan Nilla bakar. 
Bahannya pun cukup mudah, siapkan cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, jahe dan lengkuas secukupnya.

Cara membuat bumbunya adalah dengan menumis bumbu halus dan tambahkan sedikit santan. Masak sampai menyusut dan kental. Bumbu ini dapat diolesi ke ikan saat proses pemanggangan.

Dalam prosesnya, pemanggangan ikan ini bisa menggunakan teflon yang sudah diolesi dengan sedikit minyak atau membarnya di atas arang agar rasa dan aromanya lebih mantap.

4. Resep Bumbu Ikan Bakar Nila Pedas


Kamu salah satu pecinta makanan pedas? Nah, kalau bumbu yang satu ini populer sebagai bumbu ikan bakar dari Manado dengan sensasi rasa pedas. Kamu bisa mengolah ikan bakar nila dengan bumbu ini. Bahan-bahan yang digunakan ada bawang putih, kunyit, garam, lada, cabe merah, cabe rawit, serai dan daun jeruk. Haluskan bumbu ini.

Setelah ikan dibelah dua, ikan lebih dulu dilumuri jeruk nipis agar tidak amis. Kemudian campur semua bahan hingga menjadi halus. Tapi sebelum dioles ke ikan, bumbu halus sebaiknya ditumis hingga aromanya keluar. Setelah itu baru olesi ikan dengan bumbu hingga merata, dan dibakar hingga tekstur ikan renyah dan matang. 

5. Resep Bumbu Ikan Bakar Nila Parape


Bumbu Parepe tenyata juga bisa Kamu Aplikasikan untuk mengolah ikan Nilla bakar.

Persiapkan bahan yang di butuhkan, Seperti bawang merah, merica bubuk, kecap manis hingga asam Jawa. Semua bahan tersebut kamu haluskan dan ditumis. Setelah itu, siram ke atas ikan bakar. Rasa gurih manis dari Parape ini sangat cocok dinikmati bersama sambal dan nasi hangat

Itulah 5 resep bumbu ikan Nilla Bakar yang bisa Anda coba sesuai cita rasa yang kamu inginkan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url