Resep Ayam Suwir Hajatan Dengan Bumbu Kering Yang Meresap

Cara membuat resep ayam suwir dengan bumbu yang benar - benar mersesap, menjadikan menu ayam ini selalu menjadi andalan hidangan ala prasmanan yang sangat spesial dalam setiap hajatan atau kondangan termasuk dalam acara pesta pernikahan. Ada berbagai kreasi ayam suwir, termasuk juga bumbu kering dan basah (sedikit berkuah ) merupakan macam variasi yang bisa kita terapkan pada saat memasak.

Resep Ayam Suwir Hajatan Dengan Bumbu Kering Yang Meresap


Masakan ayam ala hajatan ini, dapat Anda buat sendiri di rumah dengan mudah dan sederhana. Anda juga  bisa menambahkan rasa pedas jika menyukainya untuk menyajikan menu makanan ini  dirumahan. Karena biasanya pada hidangan hajatan, ayam suwir tidak memiliki rasa yang cukup pedas supaya dapat santap semua kalangan tamu yang hadir

Takaran bumbu untuk resep ayam suwir tanpa santan ini sudah begitu gurih dan lezat dari pemakaian air kaldu dan variasi bumbu serta rempah yang digunakan, tapi Anda juga bisa menambahkan lagi penyedap rasa atau kaldu bubuk sesuai keinginan Anda.

Baca Juga : Resep Ayam Bakar Bumbu Merah Yang Enak dan Pedas

Bumbu Ayam Suwir yang Diulek Halus :

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • ½ sdt terasi
  • ¼ sdt pala
  • 7 buah cabe merah besar (buang biji agar tidak pedas)

Cara Membuat Ayam Suwir ala Hajatan :

  1. Rebus daging ayam hingga matang, tiriskan lalu suwir-suwir. Lalu ambil100 ml air rebusan untuk air kaldu ayam.
  2. Panaskan secukupnya minyak dalam wajan, masukkan bumbu halus, irisan bawang bombay, daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas, lalu tumis serta aduk-aduk hingga harum.
  3. Masukkan suwiran daging ayam, aduk-aduk rata kemudian tuangkan air kaldu, tambahkan garam dan gula, selanjutnya tuang saus tiram, saus tomat dan kecap manis, aduk agar merata.
  4. Masak hingga bumbu menyerap dan hampir kering sambil diaduk sesekali, matikan api dan ayam suwir sudah siap untuk disajikan.

Demikianlah resep ayam suwir ala hajatan dengan bumbu kering meresap yang dapat Anda ikuti dirumah. Selamat memasak
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url